Apa Sih Perbedaan Antara Daar el-Qolam 1, 2 dan 3?


Kamis, 16 Januari 2014. (Tulisan ini sudah diupdate per 11 Maret 2017)

Tahun 2014 sudah berjalan tepat dua minggu. Setiap tahunnya, Pondok Pesantren Daar el-Qolam baru mulai membuka pendaftaran santri baru pada bulan Januari/Februari. Namun, antusiasme yang begitu besar dari para calon-calon wali santri mulai terasa awal sejak bulan Desember tahun 2013 lalu.

Gaung nama Pondok Pesantren Daar el-Qolam yang sudah tersiar seantero negeri, sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan jumlah calon-calon wali santri yang datang dari berbagai daerah di Indonesia setiap tahunnya, beberapa daerah tersebut diantaranya Jabodetabek, Banten, Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi bahkan Irian Jaya dan Papua.

Dan dari sekian calon-calon wali santri yang telah berkunjung ke Pondok Pesantren Daar el-Qolam untuk survei dan silaturrahmi, sebagian besar dari mereka bertanya tentang “Perbedaan antara Daar el-Qolam 1,2 dan 3″.

Maka dari itu, Firman’s Update bermaksud untuk menjelaskan kembali melalui tulisan ini sebagai respon dari banyaknya calon-calon wali santri yang bertanya tentang hal ini.

Baiklah, inilah Penjelasannya.

Pondok Pesantren Daar el-Qolam adalah lembaga pendidikan yang berdiri pada tahun 1968. Pesantren ini mengintegrasikan dua kultur, yakni kultur pesantren dan kultur sekolah/madrasah. Dengan demikian pola didik dan pola ajar di pesantren ini merupakan perpaduan antara nilai-nilai pesantren dan nilai-nilai sekolah/madrasah.

Lebih kurang 45 tahun Daar el-Qolam mengemban misi untuk turut mencerdaskan kehidupan bangsa, Saat ini Daar el-Qolam menjadi tempat berlabuh 4.700 santri untuk menuntut ilmu yang datang dari berbagai propinsi di Indonesia. Dalam perjalanannya selama 45 tahun Daar el-Qolam terbagi menjadi 3 yaitu Daar el-Qolam 1, 2 dan 3.

daarelqolam1

Daar el-Qolam 1

Daar el-Qolam 1 adalah program pembinaan yang dikhususkan untuk santri tamatan SD/MI dengan masa belajar 6 tahun. Daar el-Qolam 1 merupakan cikal bakal berkembangnya Daar el-Qolam. Pada tahun 2007, didirikanlah Daar el-Qolam 2. Daar el-Qolam 2 adalah program unggulan (Program Excellent Class) dimana berkumpulnya dan disatukannya santri-santri yang berasal dari Daar el-Qolam 1 yang memiliki keunggulan moral, akademik dan kedisiplinan. Daar el-Qolam 2 juga memberikan peluang bagi santri tamatan SD/MI yang baru mendaftar untuk masuk di program ini.

daarelqolam23

Daar el-Qolam 2

Sedangkan Daar el-Qolam 3 dikhususkan untuk tamatan SMP/MTs dengan masa belajar 3 tahun. Dengan masa belajar yang lebih singkat dari Daar el-Qolam 1 dan 2, program ini lebih ditekankan kepada program SMA dengan semangat pesantren, dengan perpaduan kurikulum pesantren dan umum. Namun karena keterbatasan tempat di Daar el-Qolam 2, maka mulai tahun pelajaran 2011/2012 Daar el-Qolam 3 menerima santri untuk lulusan SD/MI sebagai bagian dari Program Excellent Class di Daar el-Qolam 2.

daarelqolam3

Daar el-Qolam 3

Daar el-Qolam juga menerima santri pindahan yang berasal dari lembaga pendidikan yang memiliki sistem ajar dan kurikulum yang sama. Pendaftaran santri dimulai dari tanggal 20 Januari 2014 dan akan ditutup jika kapasitas telah terpenuhi dan pelaksanaan test dilakukan pada bulan Maret 2014.

Begitulah Penjelasan singkat dan padat tentang perbedaan antara Daar el-Qolam 1, 2 dan 3. Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan berkaitan dengan Pondok Pesantren Daar el-Qolam maupun Informasi Pendaftaran, Silahkan tulis komentar anda pada kolom komentar di bawah tulisan ini. Insya Allah Firman’s Update akan membalas semua komentar anda dengan senang hati. 🙂

Iklan

57 respons untuk ‘Apa Sih Perbedaan Antara Daar el-Qolam 1, 2 dan 3?

  1. Bambang Haryanto berkata:

    Assalamualaikum, mohon informasi apakah sekarang ini jika saya daftarkan putra saya untuk belajar di Dar el qolam masih dapat di terima (putra saya lulus SD di 2014 ini), atas informasi nya saya ucapkan terima kasih. Wass. Wr.wb

    • Fman Firmansyah berkata:

      Wa alaikum Salam Bapak Bambang, Untuk pendaftaran tahun ajaran 2014-2015 sudah resmi ditutup pak. Mengingat jumlah kuota santri baru untuk tahun ajaran ini sudah terpenuhi. Kami sudah membuka pendaftaran pada tanggal 20 Januari 2014, dan resmi ditutup sejak akhir bulan April yang lalu.

  2. Muhlis Safitri berkata:

    Untuk DQ1 bukanya tanggal 12 Juni Ustad?

    Sbgi Ortu Ingin yang terbaik di excellent class buat anaknya namun hanya dapat di DQ1, mdah2n dia bisa menunjukan prestasinya spt di MInya untuk menuju ke EC, Salam.

    • Fman Firmansyah berkata:

      Perlu diklarifikasi, kedatangan santri baru itu pada tanggal 11 dan 12 Juni, untuk santriwati pada tgl 11, dan untuk santriwan pda tgl 12 (sumber : panitia santri baru).

      Iya bapak. Aaamiin, Semoga diberi kesempatan pada kenaikan kelas 2 nantinya. 🙂

      • Muhlis Safitri berkata:

        Terimakasih penjelasanya. Alhamdulillah Ustad, tanggal 12 kemarin sudah masuk dan ditempatkan di kelas 1D. Apakah ada pebedaan antara kelas/kelas ( kelas 1A s/d 1.. ) mohon petunjuknya? Salam

      • Fman Firmansyah berkata:

        Iya sama2 bapak. Alhamdulillah. Untuk masalah kelas, tidak ada perbedaan bapak antara kelas 1A dan kelas-kelas lainnya, semuanya ditempatkan secara random (acak), tidak berurutan berdasarkan nilai hasil test kemarin. Jadi walaupun berada di kelas 1F misalnya, tidak usah khawatir karena itu semua sudah diacak dan Insya Allah tidak merugikan siapapun :).
        Semoga jawabannya membantu…

  3. amin sodik berkata:

    Assalamu alaikum pak Ustadz, kapan pembagian raport kelas 1 DQ 2 tahun pelajaran 2013/2014?

    • Fman Firmansyah berkata:

      Wa alaikum salam wr. wb. Insya Allah jika tidak ada perubahan, Pembagian Raport Daar el-Qolam 2 akan diadakan pada hari Kamis, tgl 19 Juni 2014 sekaligus dengan kumpul Penobatan Bintang Pelajar dan Pengukuhan Juara-juara Kelas Semester 2 TA. 2013-2014 M.
      Semoga jawabannya membantu 🙂
      Terima Kasih sudah berkunjung ke blog ini..

  4. riakudu berkata:

    assalamualaikum ustad, mohon informasi nomor telpon pontren daarqo yang bs digunakan untuk ortu berkomunikasi dengan anaknya, terima kasih. wassalamualaikum

    • Fman Firmansyah berkata:

      Wa alaikum salam wr, wb. Sebelumnya saya mohon maaf bapak/ibu. Kami memang tidak menyediakan telepon khusus bagi santri untuk bisa berkomunikasi dengan orang tua. Namun kami bisa memberikan solusi lain. Yaitu melalui komunikasi dengan wali kelas anak bapak/ibu. Selain itu agar bapak/ibu juga dapat mengetahui perkembangan anak melalui informasi wali kelas, baik perkembangan mental, nilai dsb. Solusi yang kedua adalah bahwa Ponpes menyediakan fasilitas Wartel. Jadi jika anak bapak/ibu ingin berkomunikasi dengan orang tua, maka fasilitas wartel inilah tujuannya. Adapun Telepon Kantor yang disediakan Ponpes, diperbolehkan untuk digunakan oleh santri jika benar-benar ada kebutuhan yang sangat mendesak.
      Semoga jawabannya bisa membantu 🙂 Terima Kasih sudah berkunjung ke blog ini.

  5. Nurizah berkata:

    Assalamualaikum….
    Saya mau tanya pak ustadz…
    Insyaallah tahun depan rencana saya ingin mendaftarkan putra saya di dargo….
    Yang saya tanyakan…apakah waktu test ada perbedaan bagi santri2 yg mau ikut program excellent class dan yang di testkan kira2 apa aja ya…sebelumnya saya ucapkan terimakasih…

    Wassalamualaikum wr wb…

    • Fman Firmansyah berkata:

      Wa alaikum salam Wr. Wb.
      Untuk pelaksanaan test semua dilakukan berbarengan. Penentuan Masuk Daar el-Qolam 1, 2 (Program Excellent Class), atau 3 berdasarkan hasil test.
      Materi yang diujikan saat test masuk antara lain : BTQ, Test Tulis Matematika, Test Tulis Bahasa Inggris, Praktikum Ibadah dan Psikotest.
      Untuk informasi lebih lengkap bisa dilihat di website resmi Daar el-Qolam http://www.daarelqolam.ac.id pada kolom Informasi Pendaftaran.
      Terima Kasih

  6. Anna budi lestari berkata:

    Assalamu’alaikum..
    Maaf sy ingin bertanya…Anak saya lulus SMP Amec (al ma’mun education canter),Nem nya tdk dapat masuk SMA negri..sampai skrg masih blm mau sekolah kalau tdk negri…rencana sy mau masukan ke pesantren ini..apakah masib bisa menyusul..?,saya tau pesantren ini dari setiap acara GPMB di senayan..mohon penjelasannya..Trimaksih.
    Wassalamu’alaikum.

    • Fman Firmansyah berkata:

      Wa alaikum salam wr wb.
      Sebenarnya untuk tahun ajaran 2014-2015 ini. Pembelajaran sudah dimulai dari bulan Juni. Dan Daar el-Qolam tidak menerima santri/siswa pindahan dari Sekolah Umum (SMA/SMP) karena perbedaan kurikulum. Tetapi karena anak ibu belum masuk di sekolah manapun. Maka mungkin bisa dicoba untuk masuk ke Daar el-Qolam 3 yang memang khusus program santri lulusan SMP. Coba saja ibu hubungi nomor kantor di Daar el-Qolam 3 yang sudah tertera di Website Resmi Daar el-Qolam http://daarelqolam.ac.id/

  7. Afiah Pratama berkata:

    ustadz maaf, kalau DQ3 kusus lulusan dari DQ2 saja? apa yg dri sekolah luar bisa masuk? maaf

    • Fman Firmansyah berkata:

      Perlu diketahui, Daar el-Qolam 3 bukanlah tempat lulusan dari Daar el-Qolam 2. Daar el-Qolam 3 adalah program khusus bagi lulusan SMP/MTs di luar Pondok Pesantren Daar el-Qolam. Jadi Daar el-Qolam 3 adalah Program setingkat SMA dan masa belajarnya 3 tahun.

  8. Gunawan Macho berkata:

    Aslmkm…..pak Ustadz….mau tanya…. mengingat masa belajar Daar el-Qolam 3 yg hanya 3 tahun. Apakah kurikulum agama/pesantren Daar el-Qolam 3 memang 100 % sama dengan Daar el-Qolam 1 ? atau kurikulum agama/pesantren Daar el-Qolam 3 hanya beberapa persennya saja dari Daar el-Qolam 1 dan tidak mencapai sama 100 % ? terimakasih atas penjelasannya Waslkm

    • Fman Firmansyah berkata:

      Terima Kasih sebelumnya atas kunjungannya ke Blog ini Bapak.
      Daar el-Qolam 3 sendiri didirikan untuk putra-putri lulusan SMP/Mts baik Sekolah Umum Negeri/Swasta atau bahkan yang berbasis Pondok Pesantren juga. Program ini disebut Extention. Sebenarnya beberapa tahun yang lalu, sebelum didirikannya Daar el-Qolam 3, Program Extention memiliki masa belajar 4 tahun (dulu masih menjadi bagian di Daar el-Qolam 1). 1 tahun tambahan tersebut digunakan untuk masa pengenalan dan adaptasi terhadap pelajaran-pelajaran Pondok (Ad-Dirasah Al-Islamiyah dll), karena banyak dari santri baru program Extention ini yang berasal dari sekolah umum sehingga 1 tahun adaptasi ini sangat membantu untuk meringankan pemahaman mereka terhadap pelajaran-pelajaran yang beru mereka kenal.
      Setelah didirikannya Daar el-Qolam 3, seiring dengan berjalannya waktu. Kebijakan Pondok pun berubah, dan masa belajar bagi anak-anak Program Extention ini menjadi 3 tahun saja (Normal layaknya Sekolah-sekolah umum lainnya). Tentu dengan waktu yang lebih singkat, hal ini akan menjadi tantangan yang lebih berat. Terlepas dari itu semua, Daar el-Qolam 3 tetap mempelajari pelajaran-pelajaran berdasarkan Kurikulum Pesantren layaknya Daar el-Qolam 1 dan 2. Namun mereka juga tetap mempelajari pelajaran-pelajaran umum. Bisa dikatakan antara Kurikulum Pesantren dan Umum berjalan seimbang. Hal ini tentu saja untuk mempersiapkan mereka di masa depan bahwa lulusan/alumni pesantren pun bisa intelek dan berwawasan modern. Disamping itu, mereka pun tetap menjalankan keseharian mereka layaknya santri di pondok-pondok pesantren modern lainnya. Ada disiplin dan peraturan-peraturan yang harus mereka patuhi. SMA Daar el-Qolam 3 pun terdaftar di DIknas sebagai SMA Daar el-Qolam 2 (SMA Daar el-Qolam 1 ada di Daar el-Qolam 2, Program Excellent Class).

      Terima Kasih, semoga jawabannya membantu. 🙂

    • Fman Firmansyah berkata:

      Iya Bapak… Do’akan agar Daar el-Qolam bisa mengemban amanah dengan baik demi mencerdaskan anak-anak bangsa. Aamiin..
      Terima Kasih sebelumnya sudah berkunjung ke Blog ini 🙂

  9. Kusdayani berkata:

    Assalamu’alaikum ustad, mau tanya sedikit .
    Putra saya akan lulus SDI tahun 2015, kira2 kapan dibuka pendaftarannya dan kapan ditutupnya,trus saya masih bingung soal DQ 1 dan DQ2 itu apa perbedaannya ? dan berapa lama masa belajarnya ?
    Terima kasih sebelumnya.

  10. Muhlis Safitri berkata:

    Aslmkum, Ustad. Apakah di Darqo ada Ranking/Peringakat kelas?
    Sekarang para santri&santriawan sudah tes semester ke-1 dan sedang menjalani liburan. Mengingat adanya beasiswa dari Perusahaan untuk anak yang berprestasi ranking 1-5, mohon informasinya!

  11. nunung berkata:

    Assalamualaikum … ustad apakah sistem untuk dq 2 masih berjalan, ketika ada santri nilainya dibawah kkm maka santri akan turun ke dq 1 ? mohon penjelasan dan alasanya tks wass…

  12. puputMS berkata:

    assalamualaikum pak ustad ? mohon di jawab saya baru saja lulus dari sd ayah saya menginginkan saya meneruskan sekolah saya di pesantren DQ , pendaftaran nya mulai dari kapan sampai kapan ya ? terus masalh DQ 1,2,3 dipilih oleh kami atau kententuan dari pihak pesantren mohon di jawab ya pak ustad

    • Fman Firmansyah berkata:

      Wa alaikum salam wr. wb. Iya ibu. Mungkin jika ingin tahu lebih banyak informasi tentang Daar el-Qolam. Pertama bisa dibuka terlebih dahulu, website resmi Darqo di http://www.daarelqolam.ac.id
      Nah, berkenaan dengan pendaftaran santri baru, untuk tahun ajaran 2015-2016 sudah resmi ditutup dari sebulan yg lalu ibu. Krena kami sudah membuka awal pendaftaran dari Bulan Maret 2015 yg lalu. Dan kuota santri baru sudah terpenuhi. Dan tepat seminggu yang lalu, kami sudah memulai tahun ajaran baru 2015-2016.
      Terima Kasih atas perhatiannya. Semoga jawabannya membantu.
      Wassalamu alaikum wr. wb

      • puputMS berkata:

        oh , makasih info nya pak ustad ! kalo begitu ga ada lagi lowongan untuk pesantren di sana ? atau kaya santri tambahan gitu pak . padahal saya ingin sekali sekolah di DQ itu salah satu dari impian saya pak ! 😦

  13. kristyantoro berkata:

    Assalamu’alaikum wr wb.
    Slmt pagi ustadz….saya mau sharing dan nanya ustadz:
    Anak saya baru msk di Darqo 3 SMP keinginan anak..tp sll saja ingin pulang katanya tdk betah…pdhal pernah dpt ijin pulang selama 4 hr…tp baru msk 1 hr sdh nangis trus..dan saya diberitahu sama ustadz di rmh katanya coba suruh temui kyai di Darqo spy dikasih syarat biar betah…bgmn nih ustadz?saya yakin/iman kpd ketentuan Alloh bolehkan sy cari syariat spy anak betah nyantri disana.

  14. kristianti berkata:

    assalamu alaikum
    sy mo tanya soal biaya pendaftaran dan apakah bisa menerima siswa/siswi pindahan?
    mhon respon cpt ya..mksh..

  15. delsa yunia permatasari berkata:

    assalamualaikum.. pak,apakah DQ 1,DQ 2,dan DQ 3 tempat / alamatnya di pisah?
    terus,apakah gurfah / kamarnya lulusan SD dan lulusan SMP di pisah?
    dan,apakah di DQ ada kegiatan mentoring?
    terus pak,biasanya klo ada acar PANGGUNG GEMBIRA tampilnya per-angkatan? terus biasanya angkatan di DQ itu paling banyak berapa pak? terimakasih
    tolong di perjelas lg ya pak.
    wassalam

  16. Nur Fatkhiya berkata:

    assalamu’alaikum ustad,apakah pesantren ini menerima murid pindahan dari pesantren lain yang menggunakan kurikulum TMI,mohon informasinya dan persyaratannya apa saja
    .terima kasih

  17. Rizal berkata:

    Assalamualaikum..
    Pak saya mau tanya untuk pendaftaran tahun ajaran 2016-2017 sudah di buka pendaftarannya belum? Dan mohon penjelasan untuk rincian biayanya. Terimakasih

  18. Hilman Nawawi berkata:

    السّلام عليكم ورحمة الله
    عفوا يا أستاذ
    Salam silaturrahim,,,,
    Mohon informasi penerimaan santri baru Tp. 2016/2017 untuk lulusan SD/MI kelas Exellent.
    Insya Allah anak saya akan didaftarkan ke DARUL QOLAM.

    Terimakasih & dtunggu info & Jawabannya.

  19. Mila berkata:

    Ass…punten pa ustaz..sy mau tanya..apakah bisa tes ulang, jika santri tsb masuk ke darqo1? Sblmy trmksh byk atas jawaban’y.

  20. Agung Nugroho berkata:

    assalamualaikum pak Uztad sebelumnya, soalnya sy ada bbrpa hal yg akan sy tanyakan, sehubungan sy mau cari sekolahan utk anak sy di tangerang, saat ini msh di sidoarjo…Insya Alloh mau pindah karena mutasi kerja ke tangerang. Adapun yg sy tanyakan sbb;
    1. Anak sy perempuan saat ini msh kelas 1 di smp arrohma putri malang boarding school (pesantren arrohma). Apabila nanti akan sy pindahkan ke pesantren ini saat kenaikan kelas 2, apa bisa.? Untuk jadwal tengok anak apa bisa seminggu sekali.? Maaf.., untuk biaya masuk brpa? Dan biaya bulanan brpa?

    2. Anak laki laki saya saat ini kelas 2 di salah satu SDIT di sidoarjo, apakah di pesantren ini ada khusus untuk madrasah?

    Terimakasih, Wassalam

  21. Dini berkata:

    Assalamu’alaikum….mau tanya Pak Ustadz…kali DQ 3 itu sudah angkatan ke berapa ? Sebaran alumninya Kemang saja….terima kasih. Wassalam

  22. bambang irianto berkata:

    Saya ada rencana mau masukin anak saya yg skr kls 5 sd di palembang ke pesantren gintung…di th.2017..tapi belum tau anaknya mau apa tidak jadi santri…tolong doanya semoga dia mau….

  23. Fitria Dewi Maharani berkata:

    Ass..pak ustad untuk biaya masuk ponper Daar El qalam tahun ini berapa biayanya? Mohon respon balik.
    Wasallam

  24. Rika berkata:

    Assalamualaikum…. mau tanya lebih lanjut. krn kmrn kami sdh tinjau lokasi dan alhamdulillah pendaftaran masih di buka. Dan ada yang saya ingin minta solusi pak. anak saya mau ikut yang 3 th pendidikan tapi kemampuan b. Inggrisnya lumayan bagus. bagaimana sebaiknya ya pak.

  25. Yuno Alhafidz berkata:

    pa..tahun depaan 2016 saya berniat untuk daftar kan anak sy ke Ponpes Daar El Qolam..
    boleh di informasikan Jalur transportasi dari bandung menuju Ponpes Daar El Qolam,
    dengan menggunakan BIS umum atau Travel.

    trims

    • Fman Firmansyah berkata:

      Jika dari Bandung bapak naik transportasi umum seperti Bus maka cari yang ke arah Kalideres, Tangerang atau Merak. Nanti kami ada di alamat Desa Pasir Gintung, Kecamatan Jayanti, Kab. Tangerang.

    • Fman Firmansyah berkata:

      Wa alaikum salam. Pondok Pesantren Daar el-Qolam tidak menerima pindahan dari SMP, baik negeri maupun swasta. Kecuali pindahan dari Pondok Pesantren yang memiliki sistem dan kurikulum pembelajaran yang hampir sama. Mungkin solusi nya, mendaftar ulang menjadi santri baru. Jadi tahun ajaran depan, mengulang kembali menjadi kelas 1 tingkat SMP di Pondok Pesantren Daar el-Qolam.

  26. enik berkata:

    Assalamu’alaikum saya mau bertanya anak saya sekarang klas 3 mts ingin melanjutkan k aliyah d pesantren el-qolam ada ngak pak

    • Fman Firmansyah berkata:

      Wa alaikum salam. Untuk lulusan SMP/MTs yang ingin melanjutkan ke tingkat SMA di PonPes Daar el-Qolam bisa langsung mengunjungi atau menghubungi Daar el-Qolam 3. Syukron. 🙂

  27. Melanie RN berkata:

    Assalaamualaikum utdz mohon info PSB 2017-2018 karena di website tidak ada informasinya dan telp yang dapat dihubungi, syukron sebelumnya utdz

  28. anshary berkata:

    ass ustadz anak saya baru 9 th dan klas 3 MI cita dan harapan sebagai org tua ingin sekali melihat anak nya masuk DQ 2 niat dari dini 3 th kedepan nya…aamiin semoga DQ sukses selalu dan berkembang lebih baik.terima kasih

  29. anshary berkata:

    ass ustadz anak saya baru 9 th dan klas 3 MI cita dan harapan sebagai org tua ingin sekali melihat anak nya masuk DQ 2 niat dari dini 3 th kedepan nya…aamiin semoga DQ sukses selalu dan berkembang lebih baik.terima kasih

  30. Farkhan berkata:

    Assalamu’alaikum Ustadz Firman…
    Informasi yang saya terima bahwa setelah pembangunan Daar el-Qolam 5 selesai, yang secara khusus menangani program pendidikan tamatan SMP (program tiga tahun), maka program Daar el-Qolam 3 seperti program Daar el-Qolam 2, dengan tambahan program MSU Foundation.
    Ini maksudnya gimana ya Ustadz? Apakah Daar el-Qolam 3 nantinya atau bahkan sekarang sudah merupakan bagian dari “excellent class” Daar el-Qolam 2 dimana kualitas, sistem pengajaran, kurikulum serta fasilitas belajar mengajarnya sama persis?
    Mohon pencerahannya. Syukron.
    Wassalamu’alaikum…

    • Fman Firmansyah berkata:

      Wa alaikum salam Wr.Wb.

      Terkait dengan kabar tersebut. Belum ada penjelasan resmi yang diberikan oleh pihak Yayasan. Jadi saya belum bisa memberikan jawaban terlebih dahulu ya Ibu. Insya Allah jika sudah ada konfirmasi penjelasan dari pihak Yayasan, akan saya beritahukan.

      Syukron. Terima Kasih sudah berkunjung ke Blog ini.
      Wassalamu alaikum Wr.Wb

  31. imran berkata:

    assalamu alaikum pak ustad….. anak sy akhwat..inshAllah tahun ini naik ke kelas XI namun brminat ingin pindah sekolah ke Ponpes Daar el Qolam…. sekiranya anak sy masih bisa diterima nggak ya pak ustad…. oia sekarang masih bersekolah di sekolah Islam Boarding school….

  32. Anna berkata:

    Mohon info kapan pendaftaran dq3 tahun ajar 2018/2019. Mohon info brp biaya masuk dq3 dan brp biaya bulanannya. Apakah juga ada tahfidznya? Target brpa juz sampai lulus. Afwan wa syukran ustadz

  33. A Nashoro berkata:

    saya harap, santri-santri daar el qolam 1,2,3 sama-sama baiknya dalam berprilaku, terutama mengenai akhlak. akhlak ruhani atau pun jasmani. “al-‘ilmu fauqol adab..” sudi kiranya kawan-kawan pendidik dan pengajar untuk selalu mencetak bangsa yang selalu mengedepankan adab, etika, moral atau sopan santun. #BungaTeratai

  34. HASMANSYAH berkata:

    Assalmualaikum Pak Ustadz, mohon pencerahnnya..
    1. anak tamatan MI modok di sana, haruskah 6 tahun..?
    seandainya klu kita hanya ambil jenjang MTs saja .. apa dapat ijazah.. ? ijazah apa saja.?
    ada tulisan ini di atas. (Daar el-Qolam 2 juga memberikan peluang bagi santri tamatan SD/MI
    yang baru mendaftar untuk masuk di program ini.),
    2. apakah ini untuk Mondok yg 3 tahun..?
    3. Apakah persaingan masuk ke DQ 1 cukup ketat pak Ustadz…? baagai mana nasib anak klu blm bisa bahasa Inggris dan Arab..?
    Waalaikumsalam… mohon Penjelasannya?

Jangan Lupa Komen ya....!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s