Filipina sukses bersihkan sungai kotor. Indonesia?


Selasa, 09 Okt 2012

Apakah anda tahu Sungai Ciliwung? Jika anda tahu, bagaimanakah keadaan sungai Ciliwung saat ini? Apa kata pertama yang keluar dari mulut anda ketika anda melihat keadaan sungai Ciliwung saat ini? Kotor? Jorok? Bau? Semrawut? Memalukan?

Ya…..mungkin kata-kata itu sempat terlintas di benak anda walaupun anda tidak mengucapkannya. Sungai Ciliwung adalah salah satu dari 13 bantaran sungai yang mengalir melintasi Ibukota Jakarta. Panjang sungai Ciliwung hampir 120 km dan melintasi beberapa wilayah selain Jakarta, seperti Kota Depok, Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Dari 13 sungai yang mengalir da melintasi Jakarta, sungai Ciliwung merupakan sungai yang paling parah mengalami perusakan. Selain karena Daerah Aliran Sungai (DAS) di bagian hulu di Puncak dan Bogor yang rusak, DAS di Jakarta juga banyak mengalami penyempitan dan pendangkalan. Namun hal yang lebih memilukan adalah bahwa sungai Ci Liwung memiliki dampak yang paling luas ketika musim hujan karena ia mengalir melalui tengah kota Jakarta dan melintasi banyak perkampungan, perumahan padat, dan pemukiman-pemukiman kumuh sehingga kemungkinan terjadinya banjir sangatlah besar.

Tetapi, tahukah anda baru-baru ini ada satu negara di asia tenggara yang berhasil membuat sungai yang awalnya sangat kotor, jorok dan tercemar menjadi lebih bersih, lebih sehat dan teratur. Negara yang dimaksud adalah Filipina. Negara kepulauan yang berada tepat di utara Indonesia ini berhasil membuat sungai yang kumuh menjadi sangat bersih. Sungai tersebut bernama Sungai Pasig. Sungai Pasig memiliki panjang sekitar 25 km. Sungai Pasig mengalir membelah Kota Manila dan daerah-daerah paling padat penduduk. Mirip dengan Sungai Ciliwung yang mengalir di tengah-tengah kota Jakarta. Setelah dilakukan Program pembersihan untuk pertama kalinya dan berhasil sukses dilaksanakan. Sungai Pasig pun terlihat lebih bersih dan teratur. Wow…..patut dijadikan contoh bagi Indonesia. Berikut Galeri keadaan Sungai Pasig sebelum dan sesudah Program Pembersihan.

Sumber Referensi :

www.yahoo.co.id

www.wikipedia.co.id

5 respons untuk ‘Filipina sukses bersihkan sungai kotor. Indonesia?

Jangan Lupa Komen ya....!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s