“Signature Tower, Jakarta” Gedung Tertinggi Kelima di Dunia Tahun 2020


Signature Tower Jakarta

Gedung Signature Tower yang akan dibangun di kawasan SCBD, Sudirman Jakarta.

Apa gedung tertinggi di dunia saat ini? Mungkin sebagian dari anda sudah mengetahuinya. Ya….Burj Khalifa atau sebelumnya bernama Burj Dubai. Sesuai dengan namanya, gedung ini terletak di kota Dubai, Uni Emirat Arab. Gedung ini menjadi gedung tertinggi di dunia pada tahun 2010 tepatnya setelah gedung tersebut diresmikan. Nah….Jika ada pertanyaan, apa gedung tertinggi di Indonesia saat ini? Ada yang tahu jawabannya? Jika jawaban anda adalah Wisma 46 BNI, maka jawaban anda benar. Gedung Wisma 46 BNI adalah gedung tertinggi di Indonesia saat ini, berada tepat di ibukota Jakarta.

Namun apa jadinya pada tahun 2020 nanti? semua negara pasti akan berlomba-lomba menciptakan dan mendirikan gedung yang tinggi yang akan mencengangkan dunia. Indonesia termasuk negara yang akan mencengangkan dunia dengan cara tersebut. “Signature Tower”, itulah nama gedung yang akan menjadi gedung tertinggi di Indonesia pada 2020. Gedung tersebut dicanangkan selesai pembangunannya sebelum tahun 2020.

Signature Tower Jakarta

Rencana Penyelesaian Pembangunan sebelum tahun 2020

Gedung ini akan didirikan di kawasan SCBD (Sudirman Central Business District), sebuah kawasan bisnis terpadu seluas lebih kurang 45 hektare yang terletak di jantung kota Jakarta. Proyek pembangunan gedung ini sendiri dilakukan oleh Artha Graha Network, PT Danayasa Arthatama Tbk. Gedung tersebut akan memiliki 111 lantai dengan total tinggi gedung 638 meter. Gedung ini bahkan akan jauh lebih tinggi dari Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia yang hanya meiliki tinggi sekitar 452 meter.

Dengan hadirnya Signature Tower di Jakarta, maka gedung ini pun digadang-gadang akan menjadi gedung tertinggi kelima di dunia. Hal ini terbukti dengan adanya Survei dari beberapa situs dunia yang mengutip tentang gedung-gedung tertinggi di dunia pada masa yang akan datang, baik yang sudah berdiri megah maupun baru direncanakan (Projected or Propossed Bulidings), salah satu situs terpercaya yang membahas tentang hal ini adalah www.ctbuh.org atau Council on Tall Buildings and Urban Habitat. Situs tersebut merilis daftar Gedung pencakar langit atau Skyscrapers pada tahun 2020. Dan dalam tersebut, Gedung Signature Tower Jakarta berada di urutan kelima. Dan yang lebih mencengangkan dari 20 daftar gedung pencakar langit tersebut adalah bahwa Asia akan mendominasi gedung pencakar langit pada 2020. Untuk melihat daftar lebih lengkapnya, klik disini.

Hanya akan ada satu gedung pencakar langit yang berasal dari Amerika Serikat yaitu One World Centre dalam daftar 20 gedung pencakar langit tersebut. Hal ini tentu merupakan suatu kebanggaan bagi Indonesia. Karena selain dapat bersaing dengan negara-negara lainnya di dunia. Tentunya Indonesia juga akan memiliki Ikon baru, dan yang pasti akan berdampak pada ekonomi Indonesia, termasuk salah satunya adalah Pariwisata.

Iklan

11 respons untuk ‘“Signature Tower, Jakarta” Gedung Tertinggi Kelima di Dunia Tahun 2020

  1. Samuel Oroh berkata:

    semga pelaksana pembngn pencakar langit yg tertinngi di indonesia bahkan gedung penckr langit yg tertinggi no5 didunua akan benar2 terwujut bukan hnya impian saja

  2. Fhiremansyach berkata:

    Kita boleh berprediksi dan berkomentar seperti itu, tetapi, alangkah baiknya jika kita selalu percaya dan mendukung pemerintah agar hal tersebut dapat terealisasi……

  3. aliyonk berkata:

    yang perlu dicermati dalam signature tower yg kabarnya akan dibangun maret 2013 : dengan tinggi mencapai 638 m, tentunya perlu ditunjang dengan fasilitas lift yang super tinggi pula. belum termasuk penerangan dan pendingin ruangan untuk 111 lantai, plus fasilitas MCK yg memadai di masing2 lantai. so, seberapa besar pasokan listrik yg dibutuhkan utk menghidupi signature tower? berapa liter sendiri pasokan air bersih yg dibutuhkan gedung setinggi itu? dan seberapa banyak sampah or limbah yg dihasilkannya? therefore, perlu kiranya diterapkan konsep “green construction” dan “green architecture” dalam pembangunan mega proyek signature tower nanti. bila perlu, minta lembaga macam LEED utk standardisasi yg ideal utk green building plus sertifikasi stlh jadi nantinya. agar indonesia bukan hanya bangga punya gedung tertinggi no.5 dunia, tapi jg gedung ramah lingkungan tertinggi no.1 di dunia…

    This is link of my blog : http://imaginarium-of-aliyonk.blogspot.com/2012/01/signature-tower-tallest-building-in.html
    visit please.. ^_^

  4. Fhiremansyach berkata:

    Thanks for your comment…..Pendapat dan Saran anda sangat bagus….semoga bisa di dengar dan tersampaikan kepada mereka yang bertanggung jawab atas perencanaan pembangunan gedung ini…..Thanks once more time….Mungkin saya kira, kita bisa membuat Link (blogroll) …..agar lebih bermanfaat ….

Jangan Lupa Komen ya....!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s