Komodo akhirnya resmi menjadi “New 7 Wonders of Nature”


“Keberhasilan Taman Nasional Komodo menjadi contoh inspiratif bagaimana sebuah masyarakat dapat bersama-sama berusaha melindungi sebuah spesies yang hampir punah,” kata Presiden New 7 Wonders Foundation Bernard Weber dalam rilis persnya. Begitulah serangkai kalimat yang diungkapkan oleh sang Presiden New7Wonders pada Rabu 16 Mei 2012 dihadapan pers. Indonesia patut berbangga dengan terpilihnya Pulau Komodo sebagai salah satu New 7 Wonders of Nature atau 7 Keajaiban Dunia Versi Alam karena proses penetapan Taman Nasional Komodo sebagai “New 7 Wonders of Nature” memakan waktu yang cukup lama. Mulai dari Penyeleksian awal yang diikuti oleh ratusan finalis New7Wonders of Nature dari berbagai negara di seluruh dunia pada tahun 2008, hingga tahap klarifikasi dan penghitungan suara selama lima bulan.

Sebenarnya pada awal seleksi Indonesia memiliki 3 kandidat untuk bersaing di New7Wonders of Nature ini yaitu Taman Nasional Komodo di Flores NTT, Taman Nasional Gunung Krakatau di Selat Sunda dan Taman Nasional Danau Toba di Sumatera Utara. Sayangnya Gunung Krakatau dan Danau Toba gugur pada awal seleksi. Beruntung Indonesia masih memiliki 1 kandidat kuat, Pulau Komodo yang berhasil menembus seleksi posisi 28 besar finalis.

Indonesia menjadi salah satu negara di Asia yang menembus 28 besar bersama Korea Selatan, Vietnam, Filipina, Uni Emirat Arab, Lebanon, China, India, Maladewa dan (Israel, Palestina & Jordania)* 3 negara untuk 1 kandidat yaitu Dead Sea atau Laut Mati, karena Laut Mati termasuk dalam 3 wilayah negara tersebut. Terpilihnya Pulau Komodo pun bukanlah perkara yang mudah. Ini semua tidak lepas dari dukungan seluruh masyarakat Indonesia, khususnya para Duta dan relawan yang rela memberikan banyak dukungan dan pengorbanan terpilihnya Pulau Komodo ini.

Jusuf Kalla sebagai Duta Komodo, mengkampanyekan Pulau Komodo kepada seluruh masyarakat Indonesia. Voting pun dilakukan dengan berbagai cara, salah satu caranya adalah dengan mengirimkan pesan singkat (SMS) bertuliskan KOMODO ke nomor yang telah ditentukan dan hanya dipungut Rp. 1 per SMS. Mungkin cara ini pulalah yang akhirnya menjadikan Komodo sebagai New7Wonders of Nature. “Saya berterima kasih kepada masyarakat Indonesia yang dengan setia telah mengirimkan pesan singkat,” kata Jusuf Kalla.

Selain Taman Nasional Komodo, enam keajaiban lain yang terpilih adalah Halong Bay (Vietnam), Iguazu Falls (Argentina & Brazil) Puerto Princessa Underground River (Filipina) Table Mountain (Afrika Selatan), Jeju Island (Korea Selatan) dan Amazon River (Amerika Selatan). Dari hasil ini, terlihat sekali bahwa kandidat dari negara-negara Asia sangat mendominasi ajang pemilihan ini.

Jangan Lupa Komen ya....!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s